FLOWCHART

Flowchart merupakan sebuah alat grafis yang menjelaskan cara penyelesaian masalah penanganan informasi (Chapin, 1970). Flowchart merupakan sebuah diagram yang terdiri dari bentuk kotak, wajik, dan lainnya, terhubung oleh panah, tiap bentuk mewakili sebuah langkah dalam proses, dan panah menunjukkan urutan. Flowchart mengkombinasikan simbol dan garis alir, untuk menunjukkan
seperti apa operasi dari suatu algoritma.Ada 2 macam flowchart:

A. System flowchart

Yaitu bagan yang memperlihatkan urutan prosedure dan proses dari beberapa file di dalam media tertentu. Melalui flowchart ini terlihat jenis media penyimpanan yang dipakai dalam pengolahan data. Selain itu juga menggambarkan file yang dipakai sebagai input dan output. Tidak digunakan untuk menggambarkan urutan langkah untuk memecahkan masalah namun hanya untuk menggambarkan prosedur dalam sistem yang dibentuk.


B. Program flowchart

Urutan instruksi yang digambarkan dengan symbol tertentu untuk memecahkan masalah dalam suatu program. Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. Dua jenis metode penggambaran program flowchart:

a. Conceptual flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara global.
b. Detail flowchart, menggambarkan alur pemecahan masalah secara rinci .


C. Simbol-simbol Flowchart

a. Flow Direction Symbols (simbol penghubung alur)

b. Processing Symbols (simbol proses)

c. Input-Output Symbols (simbol input-output)

Contoh 3
Algortima Langkah-langkah menelepon seseorang kawan melalui telepon umum
yang menggunakan koin :
1. Mencari telepon umumnya
2. Menyiapkan uang koin
3. Menyiapkan nomer teman yang akan di telepon
4. Angkat gagang teleponnya
5. Dengarkan suara telepon untuk memastikan keadaan telepon baik
6. Masukan koin ke dalam lubang telepon
7. Tekan nomer telepon teman yang akan di telepon
8. Dengarkan suara di telepon
9. Ucapkan salam dahulu,apabila terdengar suara seseorang
10. Bertanya, untuk memastikan kita menelepon orang yang benar
11. Jika Salah, minta maaf / bilang salah sambung Jika Benar, Lakukan
obrolan / percakapan
12. Selesai, ucapkan Salam / sampai jumpa
13. Jika ingin dilanjutkan , masukan uang koin lagi. Agar waktu menelepon
bisa lebih lama
14. Kembalikan gagang telepon ketempatnya

Contoh 3
FlowchartLangkah-langkah menelepon seseorang kawan melalui telepon umum
yang menggunakan koin:



Contoh :
algoritma flowchart untuk menghitung luas segitiga, dimana alas dan tingginya diinput oleh pengguna dan ditampilkan hasilnya.

Tugas! 
Buatlah algoritma dan flowchart untuk menghitung luas dan keliling segitiga

Jawab:

Algoritma : 
1. Masukan nilai jari-jari
2. Menetapkan nilai phi =3.14
3. Pilihan hitung Luas atau Lingkaran
4. Jika ”ya”, maka dengan rumus Luas = phi * radius ^ 2
5. Tampilkan Luas lingkaran
6. Jika ”Tidak”, maka dengan rumus Keliling = 2 * phi * radius.
7. Cetak hasil keliling lingkaran
8. Program selesai

Flowchart 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FLOWCHART"

Posting Komentar