Pengertian Robot, Jenis-jenisnya dan Manfaatnya

 Pengertian Robot?

Robot adalah seperangkat alat mekanik yang bisa melakukan tugas fisik, baik dengan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). 

Istilah robot berawal bahasa Ceko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi.

Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.

Pada kamus Webster pengertian robot adalah

An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings

(sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi berdasarkan kebutuhan manusia)


Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah:

A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.

(Sebuah mesin yang mampu melakukan serangkaian tugas rumit secara otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer)


Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.

Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:

A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks

(Sebuah manipulator multifungsi yang mampu diprogram, didesain untuk memindahkan material, komponen, alat, atau benda khusus lainnya melalui serangkaian gerakan terprogram untuk melakukan berbagai tugas)

International Organization for Standardization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:

An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications

(Sebuah manipulator yang terkendali, multifungsi, dan mampu diprogram untuk bergerak dalam tiga aksis atau lebih, yang tetap berada di tempat atau bergerak untuk digunakan dalam aplikasi otomasi industri)

Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:

  • Dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
  • Dapat diprogram
  • Dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
  • Bekerja secara otomatis
  • Cerdas (intelligent)
  • Digunakan di industri

Konstruksi robot

Robot memiliki berbagai macam konstruksi, diantaranya adalah:

  • Robot mobile ( bergerak )
  • Robot manipulator ( tangan )
  • Robot humanoid
  • Flying robot
  • Robot berkaki
  • Robot jaringan
  • Robot animalia
  • Cyborg
  • Robot medis
sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Robot

Mengenal Jenis-Jenis Robot Dunia


Apa kamu tau? Robot itu ada banyak jenisnya. Dan tak hanya seperti yang orang awam gambarkan. Yang mereka tau robot itu hanya berbentuk seperti manusia (humanoid), dan terbuat dari besi. Padahal ada banyak jenis-jenis robot di dunia ini.

Dikelas kali ini saya ingin memperkenalkan banyak jenis robot. Ini bertujuan supaya pemikiran kamu mengenai robot menjadi lebih luas lagi.



Kalau di tinjau dari Bentuknya Robot itu ada yang berjenis Mobile, Manipulator, Humanoid, Android, Animaloid, Berkaki, Fly, Underwater.


1. Robot Mobile: Maksud mobile disini adalah robot dapat berpindah tempat. Robot Mobile juga sering di identikan dengan robot yang berjalan menggunakan roda.



2. Robot Manipulator. Sesuai dengan namanya, robot ini merupakan robot yang bentuknya memanipulasi atau meniru bentuk mahluk hidup. Tetapi yang ditiru tidak perlu seluruh bagian dari tubuh mahluk hidup, cukup sebagian saja. Misalkan tangannya saja.


3. Robot Humanoid. Robot Humanoid bentuknya seperti manusia, artinya memiliki kepala, dua tangan, badan, dua kaki, dan sebagainya. Bisa berjalan seperti manusia, bisa menari, dan semua hal yang biasa dilakukan manusia.




4. Robot Android. Robot Android mirip seperti Humanoid, tapi ada yang membedakan, yaitu: memiliki kulit, dan mampu berekspresi seperti manusia.




5. Robot Animaloid. Robot ini mulai dari bentuk dan perilaku menirukan binatang. Misalkan Robot Animaloid yang berbentuk Puppy (Anak Anjing), tidak hanya bentuknya yang mirip anjing tapi perilaku dan kebiasaannya juga diprogram seperti anak anjing.


6. Robot Beroda. Robot yang berjalan atau berpindah tempat menggunakan roda. Rodanya mulai dari yang berjumlah dua, empat, hingga penggunaan Omni Wheel, yang bisa membuat robot bergerak kesegala arah. Lihat Jenis-jenis robot beroda selengkapnya.


7. Robot Berkaki. Robot ini sebenarnya mirip serangga yang memiliki banyak kaki. Mulai dari yang berkaki 2 yaitu Biped, sampai yang berkaki delapan yaitu Hexaped. Dan mungkin ada yang lebih banyak lagi. Lihat Jenis-jenis robot berkaki selengkapnya.



8. Robot Fly. Robot Fly adalah robot yang bisa terbang, baik menggunakan baling-baling seperti QuadCopter, maupun yang menggunakan sayap seperti burung.


9. Robot Underwater. Robot Underwater dirancang untuk bisa bergerak dan dan berenang dalam air, tanpa merusak komponen yang ada didalam robot.



sumber: https://kelasrobot.com/mengenal-jenis-jenis-robot-dunia


Klasifikasi ROBOT


Robot diklasifikasikan kedalam 4 bagian :

1. Non Mobile Robot


Robot ini tidak dapat berpindah posisi dari satu tempat ke tempat lainnya, sehingga robot tersebut hanya dapat menggerakkan beberapa bagian dari tubuhnya dengan fungsi tertentu yang telah dirancang.
contoh : robot manipulator berlengan

2. Mobile Robot



Mobile dapat diartikan bergerak, sehingga robot ini dapat memindahkan dirinya dari satu tempat ke tempat lain. dari segi manfaat, robot ini diharapkan dapat membantu manusia dalam melakukan otomasi dalam transportasi, platform bergerak untuk robot industri, eksplorasi tanpa awak dan masih banyak lagi.
contoh : Robot Line Follower


3. Gabungan Mobile Robot dan Non Mobile Robot



Robot ini merupakan penggabungan dari fungsi-fungsi pada robot mobile dan non-mobile. sehingga keduanya saling melengkapi dimana robot nonmobile dapat terbantu fungsinya dengan bergerak dari satu tempat ke tempat lain.

4. Robot Humanoid



Robot ini dirancang dengan menirukan anatomi dan perilaku manusia. Fungsi-fungsi tubuh manusia baik lengan, kaki, mata, dan pergerakan sendi kepala dan bagian lainnya sebisa mungkin diterapkan dirobot ini.
contoh: robot ASIMO buatan jepang 

sumber: http://ug-komputer.blogspot.com/2015/01/defini-robot-jenis-jenis-robot.html


Fungsi/Manfaat Robot Dalam Kehidupan sehari-hari

Robot dibuat atau diciptakan bukan untuk mengalahkan manusia. Robot hanyalah kesatuan alat mekanik yang memiliki fungsi atau tujuan khusus. Saat ini telah banyak sekali Fungsi Robot seiring semakin banyak pula produk robot yang bermunculan. Jika Anda masih kurang paham apa saja fungsi dari robot di era masa kini, inilah dia 5 fungsinya yang sangat berguna dalam kehidupan manusia:

Fungsi robot dalam dunia industri




Dunia industri telah menggunakan robot sejak lama dalam berbagai proses terutama produksi. Ya, dengan bantuan robot memang akan bisa didapatkan produktivitas yang tinggi sehingga akan sangat menguntungkan. Penggunaan robot juga terasa efisien dan juga akan sangat mengurangi risiko terjadinya kesalahan manusia atau human error.

Untuk tugas berbahaya dan berisiko




Robot juga bisa digunakan sebagai alat pengganti manusia untuk tugas yang terlalu berbahaya dan berisiko. Adanya robot akan menggantikan manusia untuk masuk ke area yang terlalu berbahaya atau mengerjakan sesuatu yang terlalu membahayakan nyawa. Hal ini tentu saja akan membuat berbagai langkah uji coba dan penelitian akan menjadi lebih terbantu. Salah satu penerapan fungsi dari robot ini misalnya untuk mendeteksi limbah nuklir.

Hiburan




Robot pun bisa juga diciptakan untuk hiburan. Ada berbagai macam robot yang memang sengaja diciptakan untuk menghiburan manusia seperti misalnya robot yang bisa menari, bernyanyi, kontes pertarungan robot atau battlebot, dan sebagainya. Untuk pertarugan robot, sudah sejak beberapa tahun terakhir kontes seperti ini memang sangat menyita perhatian. Hal ini memang sangatlah berasalan lantaran di masa kini, pertarungan robot yang dulunya hanya sekadar hayalan atau hanya adegan di sebuah film kini benar-benar menjadi nyata.

Pelayanan



Robot juga memiliki fungsi pelayanan jika bisa dibuat dan diprogram dengan tepat. Ya, penggunaan robot memang akan bisa membuat sebuah usaha atau perusahaan menjadi tidak perlu memperkerjakan banyak manusia atau bisa lebih efektif. Misalnya saja pada sebuah rumah sakit, robot bisa diatur untuk mengirim makanan ke kamar pasien. Selain itu, penerapan fungsi ini juga sudah dilakukan diberbagai restoran terutama di Jepang. Pelayanan yang dulunya hanya manusia kini telah banyak yang digantikan oleh robot sehingga produk teknologi ini benar-benar bermanfaat.

Asisten rumah tangga




Bisa juga robot memiliki fungsi sebagai asisten rumah tangga seiring dikembangkannya IoT atau Internet of Things. Hal ini akan membuat robot bisa menjaga kebersihan hingga menjaga keamaan rumah sehingga siapapun tidak butuh lagi asisten rumah tangga manusia.

Itulah tadi ulasan singkat mengenai 5 Fungsi Robot dalam kehidupan manusia. Semoga saja perkembangan robot memang terus dilakukan demi manfaatnya untuk kehidupan dan tidak berdampak buruk atau bahkan menggantikan seluruh aktivitas manusia.

sumber: https://teavuihuang.com

Jenis-jenis Sensor pada Robot serta Fungsinya


Junis jinis Sensor pada Roibit serta Fungsinya silahkan nonton video berikut



Komponen Dasar Robot


Komponen Dasar Pada Robot – Robot adalah salah satu bukti perkembangan teknologi yang moderen. Keberadaannya sangat banyak membantu kehidupan manusia. Sistem robot memiliki tiga komponen dasar, yaitu : Manipulator, kontroler, dan Power (daya). Efektor sering ditemukan pada beberapa sistem robot, tetapi sifatnya tidak harus ada.

1. Manipulator



Manipulator memiliki dua bagian, yaitu bagian dasar dan bagian tambahan. Gambar 3 memberikan gambaran tentang bagian dasar dan bagian tambahan. Bagian dasar manipulator bisa kaku terpasang pada lantai area kerja ataupun terpasang pada rel. Rel berfungsi sebagai path atau alur sehinga memungkinkan robot untuk bergerak dari satu lokasi ke lokasi lainnya dalam satu area kerja. Bagian tambahan merupakan perluasan dari bagian dasar, bisa disebut juga lengan/arm. Bagian ujungnya terpasang efektor yang berfungsi untuk mengambil/mencekam material. Manipuator digerakkan oleh actuator atau disebut sistem drive. Actuatuator atau sistem drive menyebabkan gerakan yang bervariasi dari manipulator. Actuator bisa menggunakan elektrik, hidrolik ataupun pneumatik. Bagian actuator ini akan dijelaskan pada selanjutnya.

2. Kontroler



Kontroler merupakan jantung dari sistem robot sehingga keberadaanya sangat penting. Kontroler menyimpan informasi yang berkaitan dengan datadata robot, dalam hal ini data gerakan robot yang telah diprogram sebelumnya. Gambar 4. memberikan gambaran sebuah kontroler dan manipulator robot. Kontroler berfungsi untuk mengontrol pergerakan dari manipulator. Kontroler sendiri diatur oleh sebuah informasi atau program yang diisikan dengan menggunakan bahasa pemgrograman tertentu. Informasi tersebut kemudian disimpan didalam memori. Data dalam memori dapat di keluarkan atau di edit sesuai dengan yang dibutuhkan. Dahulu kontroler dibuat dari drum mekanik yang bekerja step by step secara sequential. dan sangat sederhana. Dimasa sekarang kontroler menggunakan PLC (programmable logic control) yang dapat bekerja dengan pergerakan yang sangat komplek dari sistem robot.

3. Power Suply (Catu Daya) 



Power supply adalah sebuah unit yang menyediakan tenaga pada kontroler dan manipulator sehingga dapat bekerja. Power supply dalam suatu sistem robot dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian untuk kontroler dan bagian untuk manipulator. Bagian kontroler menggunakan elektrik sedangkan bagian manipulator bisa menggunakan elektrik, pneumatik, hidrolik ataupun ketiganya. Gambar 5a, 5b dan 5c memberikan keterangan tentang power supply.

4. Efektor



Efektor dapat ditemukan hampir semua aplikasi robot, walaupun keadaannya bukan merupakan komponen dasar dari sistem robot. Efektor berfungsi sebagai bagian terakhir yang menghubungkan antara manipulator dengan objek yang akan dijadikan kerja dari robot. Sebagai contoh efektor dapat berupa peralatan las, penyemprot cat ataupun hanya berupa penjempit objek. Efektor jika disamakan dengan manusia seperti jari-jari tangan yang dapat digerakan untuk memindah atau mengangkat materilal ataupun peralatan yang dapat digunakan untuk mengelas, mengecat, menempa, mengisi botol, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan. Kerja efektor dapat berupa mekanik, elektrik, pneumataik (grifer), maupun hydrolik.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Robot, Jenis-jenisnya dan Manfaatnya"

Posting Komentar