Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka (Bibliografi) Otomatis di Word

Microsoft Word memiliki solusi untuk mengatasi masalah ini dengan menyediakan fitur Citations & Bibliography.


Manfaat fitur ini antara lain:

  • Word mendukung 10 gaya penulisan, seperti APA, MLA, dan sebagainya. Kita dapat mengubah dari satu gaya ke gaya penulisan yang lain hanya dengan beberapa klik saja. Selain itu kita juga bisa install style yang lain untuk kutipan dan daftar Pustaka di Word 2007/2010/2013.
  • Kita hanya perlu membuat data untuk sumber pada kotak isian yang sudah tersedia. Kotak isian yang muncul berbeda-beda berdasarkan tipe sumber yang dipilih, misalnya buku, jurnal, website, laporan, film dan sebagainya.
  • Data sumber kutipan akan disimpan di komputer untuk dapat digunakan kembali bila diperlukan dan dapat digunakan di dokumen yang lain juga.
  • Fitur ini akan membantu mencegah kesalahan penulisan kutipan dan daftar pustaka (bibliografi). Karena cara penulisan akan diatur oleh Word sesuai dengan gaya yang dipilih. Misalnya untuk membuat nama penulis yang lebih dari satu, tiga sampai lima penulis, dan sebagainya, cukup dengan mengisi nama penulis saja (First Name, Middle Name, dan Last Name).
  • Word akan membuat daftar pustaka (bibliografi) dengan cepat dan mudah berdasarkan sumber yang ada. Bila ada perubahan atau kesalahan, kita bisa mengeditnya dengan mudah.

Cara Membuat Kutipan dan Sumbernya

Catatan: Membuat kutipan akan sekaligus menambah data untuk sumber yang akan muncul di daftar pustaka (bibliografi).



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka (Bibliografi) Otomatis di Word"

Posting Komentar