Mengenal Internet dan Intranet

A.  Pengertian Intranet dan Internet

      Media informasi ada banyak, diantaranya televisi, koran ,radio dan lainnya. Semua media tersebut memiliki kesamaan. Yaitu sama-sama sumber informasi tetapi tidak semua informasi yang disampaikan oleh media tadi tidak sesuai dengan yang kita butuhkan saat itu. Faktor itulah yang berbeda dari informasi yang bisa didapat dari internet.

 Internet
Internet singkatan dari interconnected network. Internet memungkinkan perpindahan data antarkomputer meski terpisah jarak yang jauh. Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain dengan waktu yang cepat, tanpa dibatasi oleh jarak kedua komputer.

Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Hal ini dapat dilakukan dalam komunikasi dua arah secara langsung (realtime).

Node adalah personal komputer, laptop, atau peralatan komunikasi seperti handphone dan PDA (Personal Data Assistance). Node berfungsi sebagai pusat informasi. Garis penghubung antarnode disebut Internet backbone yang berupa media transmisi seperti kabel, serat optik, maupun gelombang mikro (microwave).

Untuk mendapatkan akses Internet, harus menggunakan jasa perusahaan penyedia layanan Internet atau Internet Service Provider (ISP). Dengan ISP, kalian mendapatkan jalur internet (online) setelah menghubungkan komputer dengan komputer server. Hubungan antara komputer pengguna dengan server perusahaan ISP tersebut dilakukan lewat jaringan telepon (dial up) menggunakan peralatan modem. Melalui komputer server  kalian dapat terhubung dengan jaringan komputer sedunia (Internet).

Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TPC (Transmission Control Protocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat (TPC/IP) yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi, jarak jangkauannya tidak terbatas.

Jaringan Internet dapat pula berfungsi sebagai media konferensi. Sejumlah orang dapat melakukan diskusi dan komunikasi tanpa harus bertatap muka secara langsung satu dengan yang lainnya, tetapi hanya melalui layar komputer pribadi masing-masing.

Bagi orang awal sekalipun, kata-kata world wide web (www) sudah menjadi bahasa keseharian mereka. Situs-situs web menampilkan informasi apapun yang ada di segala penjuru dunia, tidak peduli seberapapun jauhnya.

Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel. Di antara komputer dapat berinteraksi sehingga data yang terdapat di dalam komputer lain dapat diakses oleh komputer kalian. Sebaliknya, data yang ditampilkan di komputer kalian dapat diakses oleh komputer lain. Kemampuan akses ini tidak terbatas pada jarak sehingga data di seluruh dunia dapat saling dipertukarkan atau saling diakses. Keadaan ini yang memunculkan istilah world wide (mendunia) sehingga world wide web (www) artinya jaringan yang mendunia

Bukannya tidak beralasan apabila manusia saat ini memilih web sebagai media penyampaian informasi. Dengan web, seseorang bisa mendapatkan informasi mengenai pendidikan, iklan , dan sebagainya. Web juga menjadi sarana komunikasi yang digemari karena sifatnya mendunia dan menjadi ajang tukar pendapat bagi penggunanya.

Karena hal-hal tersebut, maka perkembangan web menjadi sangat cepat. Saat ini, web tidak sekedar menampilkan informasi saja, namun fungsi web makin meluas. Web mulai digunakan untuk aplikasi yang banyak membutuhkan interaksi dari pengguna. Bahkan, belakangan ini muncul istilah e-learning, e-comerce, e-government, virtual university, dan sebagainya, yang semuanya menggambarkan pemanfaatan teknologi informasi, termasuk web sebagai media penyampaian dan pengambilan informasi.

      2. Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan protokol TPC/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan sebagainya.

Jaringan Intranet merupakan jaringan internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, intranet juga dapat terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya ( internet working ) melalui backbone internet.

Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. salah satu yang terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan (network security). Isu ini sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (public service communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringnan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewell danenkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam intranet.

Intranet mulai didengung-dengungkan pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Intranet merupakan jaringan komputer dalam perusahaan yang menggunakan komunikasi data standar seperti dalam internet. Artinya, semua fasilitas internet dapat digunakan untuk kebutuhan dalam suatu organisasi atau komunitas.

B. Perbedaan dan Persamaan Internet dengan Intranet

Secara general kita mengetahui bahwa internet memiliki jangkauan yang lebih luas (mendunia) daripada internet. Akan tetapi, perbedaannya tidak hanya seputar jangkauannya saja, berikut perbedaan lainnya mengenai kedua teknologi jaringan tersebut.

Internet Intranet
·  Bersifat publik ·  Bersifat pribadi
·  Digunakan oleh banyak orang. ·  Hanya digunakan untuk perusahaan.
·  Dapat diakses oleh siapa saja. ·  Diakses orang yang memiliki otoritas
·  Informasi yang tersedia tak terbatas. ·  Informasi spesifik ( untuk perusahaan ).
·  Kumpulan dari LAN, WAN, dan MAN. ·  Jaringan LAN, WAN, dan MAN.
Penggunaan internet atau intranet baiknya didasari atas suatu kebutuhan, karena keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan.

Berikut persamaan Internet dan Intranet :

Persamaan Internet dan Intarnet
·         Merupakan sebuah jaringan sistem komputer yang menggunakan teknologi.
·         Sama-sama dapat digunakan untuk berhubungan antarkomputer.
·         Sama-sama menggunakan perangkat lunak protocol TCP/IP, dan HTTP, sehingga               keduanya memiliki fasilitas seperti e-mail, FTP, dan sebgainya.
C. Perkembangan Internet
Internet muncul dari Uni Sovyet, tahun 1957 mereka memunculkan sebuah satelit bernama sputnik. Peluncuran sputnik ini dirasakan sebagai “ancaman” oleh Amerika Serikat yang merupakan musuh besar Uni Soviet. Presiden Amerika Serikt yang bernama Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap menjadi negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut Advanced Research Projects  Agency(ARPA). ARPA bernaung dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Department of Defense (DoD).

Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang disebut ARPAnet. Untuk kepentingan militer03_arpa_69 ARPAnet dibangun dengan tujuan untuk membuat suatu jaringan komputer yang tersebar dan menghindari pemusatan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan. Dengan cara ini diharapkan apabila satu bagian dari jaringan terputus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut dapat secara otomatis dipindahkan ke saluran lainnya. Pada awalnya, ARPAnet hanya menghubungkan empat buah situs saja, yaitu :

Stanford Research Institute (SRI)
University of California at Santa Barbara (UCSB)
University of California at Los Angeles (UCLA)
University of Utah
Hasil gambar untuk roy tomlinson

Roy Tomlinson

Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia diciptakan setahun yang lalu untuk ARPAnet. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, ikon dalam bentuk @ juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”.

Tahun 1973, jaringan komputer ARPAnet mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPAnet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasanyang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan pertama kali di Universitas Sussex.

Pada tanggal 26 Maret 1976, Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishmentdi Malvern. Setahun kemudian,sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPAnet membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Trusscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelepon sambil berhubungan dengan video link.

Tahun 1982, dibentuk Transmission Control Protocol (TCP) dan Internet Protocol (IP). Sementara itu, di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal UENET yang menyediakan jasa jaringan komputer di negra-negara Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia Jaringan EUNET menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dan Finland menemukan dan memperkenalkan IRC ( Internet Relay Chat ). Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini m,embentuk jaringan. Tahun 1990, Timothy Berners menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan. Program ini disebut www ( Word Wide Web ).

Tahun 1992, komputer yang membentuk jaringan sudah lebih sejuta komputer,dan ditahun ini muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 300 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Di tahun yang sama Yahoo!didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator.

Sementara itu, Indonesia baru bisa menikmati layanan internet komersial sekitar tahun 1994. Sebelumnya, beberapa perguruan tinggi seperti Universitas Indonesia telah terlebih dahulu tersambung dengan jaringan internet melalui gateway yang menghubungkan universitas dengan network di luar negeri.

D. Internet di Indonesia
Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada 1983 oleh Dr. Joseph F.P Luhukay di Universitas Indonesia, berupa UINet, yang dibangun selama 4 tahun. Tahun yang sma, Luhukay mulai mengembangkan University Network ( Uninet ) di lingkungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ) . Jaringan ini adalah jaringan komputer dengan jangkauan yang lebih luas yang meliputi Universitas Indonesia, Institut Teknoligi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanudin, dan Ditjen Dikti.

Saat ini internet sudah mulai berkembang di Indonesia. Sampai tahun 2009, Indonesia menempati peringkat ke-5 untuk kategori jumlah pengguna internet di Indonesia. Akan tetapi, pengguna internet di Indonesia hanya 10% dari keseluruhan jumlah penduduk. Baru sebagian kecil penduduk Indonesia menggunakan internet untuk berkomunikasi dan mencari informasi.

Beberapa negara sudah membuat peraturan yang berkaitan dengan hukum internet ( cyberlaw ), terutama yang berkaitan dengan keamanan dan pornografi. Indonesia sudah mencoba menerapkan aturan perundang-undangan, yaitu HAKI. Dengan adanya HAKI, hak cipta perorangan, sekelompok orang, atau lembaga dapat terlindungi. Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberiakan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya.Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah hak eksklusif yang diberiakan kepada seseorang atau sekelompok orang atas karya ciptanya. Secara sederhana, HAKI mencakup hak cipta, hak paten, dan hak merek supaya hasil karyanya tidak dibajak pihak lain.

Tanpa HAKI, semua orang bisa mudah mendownload file atau program yang diinginkan dari internet. Hal tersebut menyebabkan pembuatnya secara otomatis dirugikan. Oleh karena itu, terkadang kalian harus membayar saat mendownload file atau program tertentu.

Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari –Hari
Dalam kehidupan sehari – hari, internet banyak dimanfaatkan hampir dalam semua bidang kehidupan. Berbagai macam perusahaan, organisasi, lembaga pemerintahan, lembaga pendidikan sampai perseorangan telah memanfaatkan internet untuk mencari informasi, berkomunikasi, belajar, berbisnis, sampai menikmati hiburan.

Dengan berkembangnya teknologi internet, banyak aktivitas saat ini yang dapat dilakukan secara elektronik, sehingga dikenal istilah – istilah seperti e-education, e-learning, e-commerce, e-laboratory, e-dictonary, e-marketing, dan lain – lain. Dengan menggunakan internet, maka dapat diperoleh berbagai keuntungan, antara lain adalah sebagai berikut.

Sarana Mendapatkan Informasi Dengan Cepat
Internet menyediakan informasi perkembangan terakhir dari kemajuan teknologi, pendidikan, militer, dan lain – lain. Kalian para pelajar dapat memanfaatkan internet sebagai media belajar.  Melalui komputer yang terhunbung dengan internet,  kalian dapat mempelajari hampir semua pelajaran di sekolah seperti matematika, bahas indonesia, bahasa Inggris, sains, dan lain-lain. Belajar secara elektronik bisa disebut dengan e-learning. Kalian dapat membaca, mendengar penjelasan, latihan serta mengerjakan soal ujian langsung di komputer dan nilainya dapat langsung kalian peroleh. Jika kalian ingin mencari informasi apapun dalam rangka menyelesaiakan tugas sekolah, maka kaian dapat dengan mudah memperoleh informasi tersebut.

Sarana Komunikasi Engan Biaya Murah
Internet selain menyediakan infromasi, juga dapat sebgai sarana komunikasi. Dengan menggunakan IRC (Internet Relay Chat), pengguna internet dapat berkomunikasi (berkirim pesan) menggunakan keyboard melalui aplikasi messaging seperti Yahoo Messenger, mlRC, MSN Messenger, dan lain-lain. Bahkan jika PC dielengkapi dengan sound card, speaker, video card, kamera, dan lain-lain peralatan pendukung, maka kalian dapat bertelekonferensi. Bahkan internet juga dapat digunakan untuk pengganti mesin fax. Ke tempat manapun kalian mengirimkannya, biayanya hanya dihitung dengan pulsa lokal. Surat yang biasa dikirim lewat kantor pos membutuhkan waktu lama untuk sampai ke alamat tujuan. Hal ini tidak terjadi jika kalian menggunakannya lewat internet. Sehingga hubungan dengan rekan bisnis, keluarga, maupun instansi tertentu dapat berjalan cepat dan lancar dengan internet.

Membentuk Kelompok Diskusi atau Bisnis
Sebagaimana dalam masyarakat layaknya, sering terjadi suatu kelompok profesi tertentu yang saling memberikan informasi. Hal ini pun terjadi pada para pemakai internet, sehingga terbentuk kelompok diskusi atau bisnis yang tentunya kalian dapat bergabung di dalamnya seperti situs jejaring sosial Facebook (www.facebook.com) dan situs forum diskusi Kaskus (www.kaskus.us).

Sarana Promosi
Bagi para pengusaha, mereka dapat menawarkan produknya melaui internet sehingga dengan cepat informasinya dapat langsung tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Ada pula orang yang mendapat penghasilan yang lumayan besar dari bisnis menjual informasi di internet. Bahkan kesempatan ini pun sering dipakai oleh pihak pemerintah untuk memperkenalkan objek wisata lewat internet.

Mencari Lowongan Kerja dan Beasiswa
Banyak juga aktivitas pencarian lowongan kerja atau penarawan kerja di internet. Hal ini tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh para pencari kerja maupun perusahaan – perusahaan yang mencari karyawan. Internet dapat pula digunakan sebagai media mencara beasiswa bagi para pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Saat ini banyak sekali tawaran beasiswa, baik bagi siswa tingkat SMA/SMK maupun mahasiswa S1 dan S2.

Sarana Hiburan
Selain untuk kegiatan yang serius, ternyata internet juga banyak digunakan untuk media hiburan. Menjelajah internet untuk mencari sesuatu yang baru, mengobrol santai, berkirim surat, berkenalan, serta berkirim foto sambil mendengarkan musik atau menonton video merupakan kegiatan yang menghibur. Internet juga menyajikan berbagai permainan menarik, bacaan berbagai media, komik, dan lain-lain.

Media Pertukaran Data
Dengan menggunakan e-mail, newsgroup, FTP, dan WWW (World Wide Web), para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Segala informasi bisa kalian dapatkan melalui internet.

Dampak Negatif Teknologi Internet
Pernahkah membaca berita tentang keluhan pemilik kartu kredit yang dibobol ketika melakuakn transaksi belanja online? Karena dibobol, tagihannya mencapai berjuta-juta rupiah padahal tidak merasa menggunakannya. Atau ada temanmu yang nakal hobi internet gara-gara tergila-gila dengan gambar dan cerita porno, maka dia tidak tahu waktu? Hiii…, memalukan dan merusak moral kan?

Disamping membawa keunggulan, internet juga hadir dengan membawa berbagai dampak negatif yang tak kalah mengerikan. Namun dampak negatif atau kelemhan internet ini sangat tergantung dari sudut pandang setiap pengguna, sehingga bersifat relatif. Untuk lebih jelasnya, bebrapa dampak negatif teknologi internet dapat diuraikan sebagai berikut.

Ancaman Virus, Trojan, dan Sejenisnya
Salah satu masalah dalam dunia internet adalah ancaman virus, trojan, worm, dan sejenisnya. Apa itu virus, trojan, dan worm? Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkn salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus komputer dapat merusak data dan mengganggu kinerja komputer. Jika virus ini mampu memperbanyak diri dan menginfeksi sistem komputer lain, maka disebutworm.

Sarana penyebaran virus dan worm sangat beragam, dapat melalui situs-situs web, e-mail, jaringan komputer, disket, atau flash disk. Selain virus dn worm, ada pula spyware dan trojan horse, yaitu program komputer yang dapat melakukan perusakan, mencuri data, dan memata-matai segala aktivitas yang terinfeksi. Akibatnya, segala aktivitas saat menggunakan komputer dapat dipantau, disalin, atau dijalankan dari tempat lain. Spyware dan trojan biasanya masuk tanpa sengaja karena ketidaktelitian pengguna komputer saat menjelajah di internet. Mungkin inilah yang terjadi pada konsumen yang kartu kreditnya dibobol pada contoh di atas. Untuk menanggulangi virus, worm, spyware, trojan, dan sejenisnya, dapat dilakukan dengan memasang program antivirus dan antispyware.

Ancaman Pencurian Data dan Informasi
Data digital yang ada di internet rawan terhapap pencurin oleh peretas (hackerdancracker) yang dapat digunakan utuk berbuat kejahatan. Istilah hacker biasanya mengacu pada seseorang yang punya minat besar untuk mempelajari sistem komputer secara detail dan bagaimana meningkatkan kapabilitasnya.

Besarnya minat yang dimiliki seorang hacker dapat mendorongnya untuk memiliki kemampuan penguasaan sistem komputer di atas rata-rata kebanyakan pengguna. Jadi, istilah hacker sebenarnya memilki konotasi yang netral. Adapun mereka yang sering melakukan aksi-aksi pengrusakan di internet lazimnya disebut sebagaicracker(pembobol). Boleh dibilang para cracker ini sebenarnya adalah hacker yang memanfaatkan kemampuannya untuk hal-halnyang negatif. Contohnya, membobol data kartu kredit dan mencuri passwordnya lalu menggunakannya tanpa sepengetahuan pemilik kartu kredit. Data-data pribadi juga sering diambil dan dimanfaatkan oleh orang lain untuk memperoleh keuntungan, misalnya untuk kepentingan promosi suatu produk, menjatuhkan lawan politik, merusak nama baik, dan sebagainya. Kejahatan melalui dunia maya (dunia internet) ini sering disebutcybercrime.

Memasuki, Memodifikasi, atau Merusak Situs Web
Ini adalah betuk lain dari tindakan peretas (hacker dan cracker). Mereka menyusup dan memasuki situs web, lalu mengubah isi situs, merusaknya, dan mengganti dengan informasi pulsa. Apa tujuannya? Tentu tak akan jauh dari uang, kepentingan pribadi, atau kepentingan kelompok. Oleh karena itu, kalian tidak boleh langsung percaya pada apa yang ada di internet. Bila terjadi serangan seperti ini, biasanya pemilik situs akan menghentikan layanan untuk smentara waaktu hingga ketusakan itu diperbaiki.

Pada umumnya tindakan peretas di Indonesia belum separah di luar negeri. Pelaku peretas Indonesia baru sebatas masuk ke suatu situs web yang rentan penyusupan dan memberitahukan kepada pemiliknya untuk berhati-hati. Di luar negeri peretas sudah memasuki sistem perbankan, mencuri, dan merusak database bank.

Menyebarnya Budaya Negatif Secara Luas
Dampak lain dari berkembangnya internet adalah meluasnya budaya negatif seperti perjudian, penipuan, pornografi, seks bebas , tayangan amoral, tayangan kekerasan, dan sebagainya. Melaui internet, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Semua dapat dilakukan lewat komputer di depannya.

Media porno juga tersebar secar luas dan mudah diakses oleh siapa saja. Demikian juga berbagai tayangan kekrasan banyak dan mudah ditemui di internet. Bila diakses oleh anak-anak atau remaja yang belum dewasa, hal ini dapat mengganggu dan membahayakan perkembangan jiwanya.

Pemborosan
Inilah yang langsung terasa ketika menggunakan internet, yaitu pemborosan uang. Kualitas jaringan telepon dan biaya langganan ke penyedia jasa sambungan internet memengaruhi biaya pemakaian internet. Bila mengakses internet lewat jaringan telepon rumah (koneksi dial up), maka kenaikan tarif pulsa telepon akan meningkat. Bila mengakses internet menggunakan telepon genggam, kalian bisa membayangkan sendiri berapa pulsa yang habis.

Selain itu kemampuan saluran telepon di Indonesia masih relatif lambat yang berpengaruh terhadap waktu akses internet. Pada akhirya, biayanya akan menjadi mahal karena biaya akses internet dihitung berdasarkan lama akses. Belum lagi adanya keterbatasan jumlah data yang dapat dikirim oleh penyedia layanan internet setiap satuan waktu. Padahal, bila ada banyak pelanggan yang mengakses internet dalam aktu bersamaan, maka kecepatan akses internet juga akan turun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Internet dan Intranet"

Posting Komentar