ACTUATOR


Apa sih itu actuator? hmm..memang agak asing didengar di telinga kita. Actuator didefinisikan sebagai suatu device yang dapat mengubah energi (dlm robotik energi listrik) menjadi gerak fisik. Untuk lebih mudah dipahami kita ambil satu contoh aktuator yang sering digunakan yaitu DC motor.

Saya yakin temen-temen tau dinamo yang digunakan pada mainan mobil-mobilan Tamiya. Nah, itulah yang disebut DC motor. DC motor adalah salah satu jenis aktuator yang sering digunakan oleh para hobbyst robotik. Dalam aplikasinya aktuator dibagi menjadi dua jenis menurut arah geraknya. Pertama, aktuator rotasi dan yang kedua, aktuator linear. kita bahas satu persatu;

Aktuator Rotasi
Seperti namanya aktuator rotasi bekerja mengubah energi listrik menjadi gaya gerak rotasi atau berputar. Berikut ini adalah jenis-jenis aktuator  rotasi yang biasa digunakan pada aplikasi robotik.
DC motor
DC motor adalah aktuator yang paling populer digunakan untuk hobby robotik. Selain pengoprasiannya mudah DC motor juga mudah dicari dan harganya tidak terlalu mahal. DC motor dapat berputar dengan kecepatan 5000 rpm.

DC motor


Geared DC motor
geared DC motor sebenarnya hanyalah motor DC yang ditambahkan roda gigi atau gear. Perbandingan ukuran roda gigi tersebut bermanfaat sebagai peningkat torsi atau gayanya sehingga dapat mendorong beban yang lebih besar. Namun, kecepatannya akan berkurang.
Geared DC motor


Motor Servo Industri
Berbeda dengan Motor Servo untuk hobi, motor servo industry menggunakan arus listrik bolak-balik (AC) sebagai sumber energinya. Motor servo jenis ini digunakan untuk mesin-mesin yang berukuran besar. Motor servo industry terdiri dari motor AC yang besar (bisaanya motor tiga fase), roda gigi dan encoder sebagai penerima feedback kecepatan dan derajat posisi putaran motor. Motor servo industry ini tidak digunakan untuk mobile robot karena ukurannya yang besar, beban yang berat, harga yang mahal, dan kerumitan aplikasinya. Salah satu contoh penggunaan motor servo industry pada dunia robotic bisa kita lihat pada industry perakitan mobil yang menggunakan robotic arm.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ACTUATOR"

Posting Komentar