Macam Macam Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat  jaringan merupakan semua  komputer,  peripheral,  interface card, dan perangkat  tambahan yang terhubung dan terkoneksikan ke dalam suatu sistem jaringan untuk melakukan komunikasi data/ informasi. Ada beberapa perangkat umum yang sering digunakan dalam pengaplikasian sistem jaringan komputer,

1. Server

Server Jaringan Komputer

SERVER JARINGAN KOMPUTER

Server adalah alat control pada jaringan, Sesuai penjelasan tentang pengertian jaringan komputer diatas tadi, Server memberikan layanan kepada client. Server juga berfungsi sebagai media untuk menyimpan  informasi dan untuk  mengelola  suatu  jaringan  komputer.


Karena berfungsi melayani client, Spesifikasi server lebih tinggi dari spesifikasi client untuk bisa melayani semua permintaan. Server juga harus memiliki sistem operasi khusus yang sesuai dan medukung layanan yang diminta oleh client.


2. Network Interface Card

KARTU JARINGAN (NIC) | VIA TERTERA


NIC atau Lan Card expansion board yang digunakan agar komputer bisa terhubung dengan  jaringan. LAN Card terdiri dari berbagai jenis yang bisa dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut:


10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet.

100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet.

1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet.

10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik, biasa disebut TenGig.


3. Kabel Jaringan


KABEL UTP

Kabel adalah saluran atau media yang menghubungkan antara perangkat satu dengan perangkat lainnya. Banyak sekali jenis – jenis kabel yang digunakan pada jaringan komputer, Apa saja?


Kabel Coaxial, Kabel coaxial sering digunakan untuk kabel TV, ARCnet, thick ethernet dan thin ethernet. Kabel jenis ini memiliki kecepatam transfer sampai 500 Mbps, dan mampu menjangkau jarak 500m bahkan lebih.

Kabel Fiber Optic, Kabel fiber optik saat ini mulai banyak digunakan karena kemampuan transfer data yang lebih cepat dan besar, serta jangkauan kabel yang lebih jauh. Kabel Fiber Optic memiliki dua tipe jenis, yaitu tipe single mode dan tipe multi mode.

Twisted Pair,  Kabel twisted pair umum digunakan pada jaringan LAN, dibagi menjadi 2 tipe, Shielded Twisted Pair (STP) dan Unshielded Twisted Pair (UTP). Kecepatan transfer data pada penggunaan kabel ini sampai 10Mbps, Dan menggunakan konektor yang biasa digunakan adalah RJ-11 atau RJ-45.


4. Hub dan Switch

Hub Switch Jaringan Komputer


Switch adalah perangkat jaringan komputer yang juga berfungsi untuk menghubungkan multiple atau beberapa komputer. Switch secara fisik hampir sama dengan hub tetapi untuk logikalnya sama dengan barisan brigde. Switch memiliki 2 tipe, yaitu :

Unmanaged Switch, Switch ini merupakan tipe termurah dan biasanya digunakan di rumah, kantor atau bisnis kecil dan rumahan. Fungsi dasar dari switch ini mengelola lalu lintas data antara  periperal satu dengan peripheral yang lainnya.

Managed Switch, Switch ini lebih mahal dari switch biasanya, keunggulan switch ini terdapat perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk melakukan konfigurasi pada switch, elakukan segmentasi pada jaringan dengan konsep VLAN, dll.


5. Bridge


BRIDGE | VIA : MIKROTIK.CO.ID

Bridge adalah peranti yang berfungsi meneruskan lalu lintas antara  segmen jaringan berdasar informasi pada lapisan data link. Bridge juga bisa membagi satu buah jaringan yang besar kedalam beberapa jaringan kecil.


6. Router


ROUTER | VIA : FREEPIK

Router adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan LAN ke suatu jaringan WAN dan mengelola lalu-lintas data di dalamnya. Router juga dapat menentukan jalur terbaik untuk komunikasi data, perangkat ini memliki tabel routing untuk melakukan pencatatan terhadap semua alamat yang berada pada jaringan yang diketahui dan jalur yang mungkin dilalui serta waktu tempuhnya.


7. Repeater


REPEATER

Repeater adalah perangkat yang berfungsi untuk meregenerasi atau memperkuat sinyal-sinyal yang masuk. Repeater akan berusaha untuk mempertahankan integritas sinyal jaringan dan mencegah adanya degradasi sampai paket-paket data menuju tujuan. Kelemahan repeater yaitu tidak bisa melakukan filter traffic dalam jaringan, Sehingga semua daa yang masuk akan tersebar pada segmen-segmen LAN tanpa melakukan perhitungan apakah data tersebut dibutuhkan atau tidak.


8. Modem


MODEM | VIA : FREEPIK.COM

Modem adalah sebuah perangkat yang berfungsi dan digunakan sebagai penghubung dari sebuah perangkat komputer menuju ke jaringan  Penyedia Layanan Internet (Internet Service Provider / ISP).


9. Wireless Card

Wireless Data ini merupakan sebuah jaringan yang mampu menghubungkan dua device tanpa menggunakan kabel. Wireless Card dapat menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer sehingga bisa saling terhubung melalui jaringan Wi-Fi dan tanpa menggunakan kabel. 

Hal tersebut tentunya kita sering menggunakannya bukan? Sebab melalui jalur jaringan wifi maka kecepatan maksimal internet bisa kita rasakan.    


10. Access Point

Access Point kegunaannya mirip dengan router. Namun Access Point memiliki fungsi yang sebenarnya ialah untuk memancarkan Wireless sinyal yang dipancarkan dari router untuk membuat jaringan WLAN. Salah satu kelebihan Access Point ini adalah dapat tersambung langsung dengan broadband atau router.


11. Konektor

Konektor merupakan sebuah alat yang menghubungkan kabel dengan Network Adaptor. Keberadaan konektor ini juga sangat vital bagi perangkat komputer sebab jika tidak ada alat tersebut maka komputer juga tidak dapat dioperasikan dengan semestinya.


Ada beberapa jenis konektor yang biasa terpasang pada perangkat komputer, diantaranya ialah:

• Konektor RJ-45 digunakan untuk Kabel UTP

• Konektor BNC/T digunakan untuk Kabel Coaxial

• Konektor ST digunakan untuk Kabel Fiber Optic.


Ya, keberadaan konektor memang tidak dapat dipisahkan dengan perangkat lain, meskipun sepintas ia tak banyak fungsi, tapi dengan tidak adanya konektor maka komputer juga tak bisa berfungsi.


12. User atau Client

Komputer user atau client adalah komputer umum yang digunakan untuk memeroleh data dari server. Komputer client yang telah terhubung dalam suatu jaringan, berfungsi untuk memeroleh informasi atau data dari komputer server. Sistem jaringan antar komputer seperti ini sering kita jumpai di berbagai kehidupan sehari-hari, seperti warnet, atau laboratorium komputer.


13. Proxy Server

Proxy Server adalah layanan jaringan komputer yang memungkinkan klien untuk membuat koneksi jaringan tidak langsung ke layanan jaringan lain atau dengan kata lain adalah sebuah komputer server atau program komputer yang bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari internet maupun intranet.


14. Gateway

Gateway yaitu sebuah piranti atau alat yang digunakan sebagai media penghubung satu jaringan komputer dengan satu jaringan lain, atau menghubungkan dengan  beberapa jaringan komputer lainnya yang menggunakan sistem protocol yang berbeda.

Dengan kondisi seperti itu, setiap jaringan komputer dapat saling mengakses informasi yang dimiliki oleh jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.


15. Multilayer Switch

Multilayer switch adalah cara dimana menyusun perangkat jaringan menjadi beberapa tingkatan karena end user yang terhubung di dalam jaringan memiliki jumlah yang banyak, sehingga perlu dilakukan trunking antar jaringan switch secara bertingkat.


18. Network Attached Storage

Network Attached Storage (NAS) adalah sebuah perangkat jaringan penyimpanan yang terhubung dengan jaringan utama. Dengan begitu, ia bisa digunakan sebagai pemyimpanan tambahan saat komputer client membutuhkan. Cara kerja NAS bisa dijelaskan seperti cloud storage yang kini marak digunakan, namun NAS bersifat lokal karena hanya komputer client yang bisa mengaksesnya.


19. CCTV

CCTV adalah singkatan dari Closed Circuit Television), yakni adalah kamera video digital yang berfungsi merekam gambar, lalu mengirimkannya ke sebuah layar monitor komputer. Nantinya, hasil perekaman CCTV akan disimpan ke dalam harddisk atau NVR yang bisa diakses melalui komputer atau bahkan smartphone.

Penggunaan CCTV dalam kehidupan sehari-hari biasanya adalah untuk fungsi pengawasan, misalnya mengawasi suatu ruangan agar tidak terjadi kemalingan atau untuk mengawasi pengunjung toko.


20. Protocol Converter

Protocol Converter atau dalam bahasa Indonesia adalah Konverter protocol adalah perangkat keras (hardware) yang bertugas mengkonversi (mengubah) dua jenis tranmisi yang berbeda untuk interoperasi.


21. USB WiFi Adapter

USB Wifi Adapter adalah piranti pengganti Wifi Card pada komputer anda yang bermasalah menyebabkan komputer tidak dapat terhubung dengan jaringan wi-fi. Banyak jenis wifi card yang telah ada di pasaran. Jika wifi card anda bermasalah, tinggal colokkan USB Wifi adapter ke port USB, install drivernya, kemudian anda bisa dengan mudah terhubung dengan jaringan wi-fi.


22. Firewall

Firewall merupakan sistem keamanan jaringan komputer yang dipakai memproteksi komputer dari serangan komputer luar. Firewall dapat diinstal dalam software dan hardware, atau kombinasi keduanya. Proteksi komputer dengan firewall mutlak diperlukan agar komputer sellau aman saat terhubung internet misalnya.

23. Multiplexer

Multiplexer adalah sebuah peralatan yang berfungsi untuk membuat efektif pemakaian saluran komunikasi dengan cara ‘sharing antar pemakai’ atau dapat diartikan sebagai switch yang menerima beberapa input saluran ke satu saluran.


24. Network Access Translator

Network Addres Translator (NAT) atau bisa diartikan sebagai Penerjemah Alamat Jaringan adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan lokal sehingga banyak IP private yang dapat mengakses ke IP public. NAT menerjemahkan alamat IP private untuk dapat mengakses alamat tuan rumah di internet dengan menggunakan alamat IP public pada jaringan tersebut.


sumber: 

1. https://www.jagoanhosting.com/blog/jaringan-komputer

2. https://makinrajin.com/blog/perangkat-jaringan-komputer

3. https://www.nesabamedia.com/perangkat-jaringan-komputer/




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam Macam Perangkat Jaringan Komputer"

Posting Komentar