APA ITU INTEGRASI?
Tujuan
utama dari sistem informasi adalah memberikan informasi yang benar pada
saat yang tepat. Untuk itu suatu data atau sistem yang terintegrasi
tentunya diperlukan dalam suatu organisasi atau perusahaan karena
Informasi yang dihasilkan akan digunakan untuk keperluan yang lebih luas
lagi, tentunya untuk membantu organisasi atau perusahaan.
Aliran
informasi diantara sistem sangat bermanfaat bila data dalam file suatu
sistem diperlukan juga oleh sistem yang lainnya, atau output suatu
sistem menjadi input bagi sistem lainnya.
DEFINISI INTEGRASI
Saling
keterkaitan antar subsistem sehingga data dari satu sistem secara rutin
dapat melintas, menuju atau diambil oleh satu atau lebih sistem yang
lain.
PEMBAGIAN INTEGRASI
Integrasi Data : proses
menggabungkan atau menyatukan data yang berasal dari sumber yang berbeda
dan dilakukan untuk mendukung manajeman informasi serta mendukung
pengolahan data menjadi informasi yang lebih baik atau lebih sempurna.
Integrasi Sistem (Integrated System) : Rangkaian proses untuk
menghubungkan beberapa system komputerisasi dan software aplikasi, baik
secara fisik maupun fungsional.
MANFAAT INTEGRASI
1. Satu Sumber Utama
Selama
ini, mungkin kita tidak sadar kalau ada banyak waktu yang terbuang
untuk mencari data atau informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan
masalah. Tentu saja ini dikarenakan Kita harus mencari data di beberapa
sistem yang berbeda yang tersebar di beberapa divisi misalnya jika dalam
perusahaan. Dengan sistem integrasi maka hal ini tidak akan terjadi.
Sistem integrasi memungkinkan seluruh data berada pada satu sistem dan
selalu diperbaharui, tanpa peduli divisi atau sub-sistem mana yang
melakukan pembaruan.
2. Database Tertata Rapi
Dewasa
ini salah satu hal penting dalam bisnis adalah data dan informasi.
Database yang tertata rapi dan mudah diakses tentu akan menjadi
keunggulan suatu perusahaan. Selain dapat menghemat waktu dan menekan
biaya operasional, database yang rapi akan membuat suatu perusahaan akan
lebih unggul dari perusahaan lain karena perusahaan yang memiliki
integrasi yang baik akan mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan
lebih cepat daripada perusahaan saingannya.
3. User Interface yang lebih konsisten
Dengan
menggunakan single platform yang mengintegrasikan seluruh sistem
perusahaan maka kita dapat memastikan kalau setiap komputer yang
terhubung dengan sistem integrasi memiliki user interface yang sama. Hal
ini sangat penting. salah satunya untuk menyingkat proses adaptasi
karyawan sebagai user dengan sistem yang digunakan tanpa mengalami
kebingungan dengan sistem yang berbeda di setiap divisi atau bagian.
CARA MENGINTEGRASIKAN APLIKASI
1. Pemanggilan Prosedur/function
Aplikasi yang akan melayani harus menyediakan mekanisme agar bisa dipanggil aplikasi lain.
2. Messaging
Aplikasi saling terhubung satu sama lain dengan bertukar pesan
3. Sharing Database
Pengirim
dan penerima menggunakan database sebagai media pertukaran data.
Pengirim menaruh datanya ke suatu table di database untuk kemudian
dibaca oleh penerima
4. File Transfer
adalah mekanisme
yang format file dan struktur data didalamnya sudah ditentukan. Demikian
juga dengan lokasi penyimpanan file dan aturan penamaannya.
INTEGRASI ANTAR APLIKASI MICROSOFT OFFICE
Microsoft
Office merupakan software atau perangkat lunak yang paling sering
digunakan, mulai dari pelajar hingga pekerja profesional untuk membantu
dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaannya.
Microsoft Word,
merupakan aplikasi pengolah kata yang saat ini sudah dikenal mulai dari
anak SD hingga anak kuliahan dan di gunakan juga di perkantoran. Semua
pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan kata dapat dilakukan dengan
menggunakan Ms.Word. Contoh nya, membuat surat, membuat tabel, input
gambar, membuat desain sederhana, membuat dokumen, dan berbagai macam
pengolahan data lainnya.
Microsoft Excel, pengolah data berupa
perhitungan angka maupun grafik. Dengan Ms.Excel pengguna dapat membuat
lembar kerja spreadsheet dengan berbagai fitur kalkulasi akurat dan
mudah dioperasikan. Microsoft Excel merupakan program populer yang Jika
kalian pelajari lebih jauh memiliki kelebihan dibandingkan dengan
aplikasi sejenis.
Microsoft Power point, berfungsi sebagai media
presentasi dengan menggunakan slide. Dengan menggunakan aplikasi ini
pengguna dimudahkan untuk melakukan presentasi, selain itu dalam Power
Point juga terdapat fitur-fitur yang dapat digunakan untuk membuat slide
presentasi menjadi jauh lebih menarik.
Contoh Integrasi Pada Aplikasi Ms Office:
Membuat Table Of Content pada Ms Word
Linking and Embed pada Aplikasi Ms Office
Membuat Surat Massal pada Ms Word dengan menggunakan database yang ada pada Ms Excel atau Ms Access
Membuat Grafik pada Aplikasi Ms Office
Pemahaman Kompetensi:
Apa yang dimaksud dengan integrasi!
Jelaskan apa yang dimaksud integrasi data dan integrasi sistem!
Apa manfaat dari integrasi?
Sebutkan 4 cara untuk mengintegrasikan aplikasi yang satu dengan aplikasi lainnya!
Berikan 3 contoh Integrasi yang ada pada Ms Office!
Sumber: https://sabdasvara.blogspot.com
https://sabdasvara.blogspot.com/2021/09/integrasi-konten-aplikasi-perkantoran.html
0 Response to "INTEGRASI KONTEN APLIKASI PERKANTORAN"
Posting Komentar