Mengenal Input Output dan Port Penghubung pada Komputer

INPUT / OUTPUT dan PORT PENGHUBUNG


Sebelum mengenal lebih rinci lagi, saya akan menjelaskan dahulu apa itu INPUT,OUTPUT,PORT.
semoga penjelasan kali ini bermanfaat untuk pembaca.

  1. INPUT 



Input merupakan (masukkan) unit/perangkat luar yang dipasang sesuai dengan slot atau portnya masing-masing untuk memasukkan atau mentransfer data dari luar ke dalam mikroprosesor untuk di proses dan diterjemahkan secara digital.
perangkat input akan memberikan masukan pada komputer,yang nantinya akan dibaca prosess kerja nya komputer.sebagai contoh dari input adalah mouse,keyboard.dll


     2.  OUTPUT



Pengertian output adalah (keluaran) unit/perangkat luar yang digunakan untuk menampilkan atau menerjemahkan data yang keluar dari mikroprosesor komputer. Perangkat luar yang menangkap output dari sistem mikroprosesor ini misalnya data digital yang ditampilkan pada layar monitor, atau data script yang dicetak pada printer dan sebagainya.

Fungsi Input Devide dan Output Device


Fungsi input device pada komputer adalah untuk menerima masukkan data dari perangkat luar yang disambungkan menuju mikroprosesor dan diterjemahkan menjadi sebuah informasi. Data input device yang masuk ke mikroprosesor bisa berupa data signal input atau data maintance input. Signal input berupa data yang masuk ke mikroprosesor dan maintance input berupa program yang dipakai untuk menerjemahkan data signal input. Contoh perangkat input device atau unit input device adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, microphone, CD, hardisk dan lain-lain.
Fungsi output device pada komputer adalah untuk menerima keluaran data dari mikroprosesor CPU komputer yang telah diterjemahkan sehingga dapat berupa gambar, tulisan, suara dan sebagainya. Contoh perangkat output device yang biasanya digunakan untuk menerima hasil olahan komputer seperti printer, monitor, speaker, dan sebagainya.

Sedikit kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan pengertian input dan output pada komputer ini adalah keduanya saling terikat dan tidak terlepaskan. Input dan Output (I/O) adalah suatu kesatuan sistem yang ada pada komputer, alat yang paling penting dalam membantu proses input dan output ini adalah mikroprosesor. Mikroprosesor merupakan central processing unit (CPU) yang dibuat dari transistor mini dan kumpulan sirkuit yang terintegrasi semikonduktor. Dengan bantuan alat ini, proses input device dan output device dapat terlaksana dengan lancar.


Macam - macam fungsi peralatan input

Keyboard
Merupakan peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah berupa angka, huruf maupun symbol, Keboard disebut juga papan ketik pada komputer. keyboard sendiri terdiri dari susunan huruf A s/d Z dan angka 0 s/d 9 dan ada beberapa symbol seperti titik dua, koma, titik dan lain-lain, juga terdapat tobol sortcut yang memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer.
Mouse
Mouse adalah peralatan input pada komputer yang berfungsi untuk menggerakan pointer pada layar monitor. Mouse sangat berguna untuk sistem operasi yang berbasis grafis.
Joy Stick
joy Stick adalah alat input yang digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.
Scanner
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin foto copy, akan tetapi dengan scanner data dapat diubah dalam bentuk file sehingga dapat disimpan ke dalam harddisk komputer.

Macam - macam fungsi peralatan input


Printer
Printer merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi mencetak hasil dari proses komputer ke dalam media kertas.Hasil cetakan dari printer dapat berupa gambar maupun tulisan. Printer merupakan komponen komputer yang digolongkan ke dalam peripheral yang sangat penting untuk membantu kerja manusia. Berdasarkan media cetaknya printer ada beberapa macam, yaitu: printer inkjet, printer laserjet dan printer dotmatrik.

Monitor
Monitor merupakan peralatan output pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan grafik atau gambar sehingga informasi dapat diterima oleh manusia.

LCD Proyektor
LCD Proyektor mempunyai fungsi sama dengan monitor akan tetapi LCD Proyektor akan menampilkan gambar pada screen agar informasi dapat diterima oleh manusia.

Speaker
Speaker adalah peralatan output pada komputer yang berfungsi ;untuk mengeluarkan output berupa suara. Speaker akan terhunbung dengan soudcard pada komputer agar bisa menerima hasil proses berupa suara dari komputer.


      3.  INPUT/OUTPUT PORT


I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatualiran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi :Fungsi i/o Pada dasarnyaadalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kodeaplikasi sangat fleksible, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.

Port I/O yang berarti gerbang konektor Input/Output pada komputer, seperti pada keyboard,mouse paralel/serial ataupun USB.Menyediakan koneksi untuk piranti eksternal seperti kamera digital, printer dan scanner.Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan olehmikroprosesor itu untuk berhubungan dengan dunia luar.

      4.  MACAM - MACAM PORT


Port I/O merupakan sebuah port atau tempat dipasangnya conector I/O dimana setiap port I/O dibawah control processor. port pada I/O ada bermacam macam jenis dan kegunaan serta bentuknya pada masing masing I/O yang dimasukkan. berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Port Parallel



Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan standard parallel Port 200 kb/s. Hardware yang dapat digunakan dengan port ini adalah Printer, Scanner.

Port Serial (COM1 dan COM2)



Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih rendah dibanding jenis port parallel. Kabel connector untuk COM1 adalah 9 pin dan untuk COM2 25 pin.

Port PS/2



Port ini umumnya digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse.

Port USB


USB (Universal Serial Bus) merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan USB Port adalah Flashdisk, Keyboard USB, dan hardware lain yang menggunakan USB sebgai konektornya.

 Port VGA


Merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.

Port Audio



Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio, speaker, dan lain-lain.

Port LAN


Port yang digunakan untuk komunikasi antar komputer, sehingga komputer dapat saling berbagi informasi dengan komputer lainnya.
  

      5.  CARA KERJA I/O PORT

Kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan
Cara-cara dari tiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan:

  • Piranti masukan (input device)
  • Piranti keluaran (output device)
  • Input/Output (I/O) Port
  • CPU (Central Processing Unit)
  • Memory
  • Data Bus

Piranti masukan berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar. Contohnya adalah Keyboard, mouse, touch screen, scanner, kamera, pen light, joystick, trackball, bar code reade, digitizer, dan lain-lain. Piranti keluaran Berfungsi sebagai media komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data. Contohnya adalah monitor, speaker, printer, proyektor dan lain-lain. I/O port merupakan Media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data. Contoh: USB port, Serial port, Paralel port dan sebagainya.
I/O terdiri dari:

  • Piranti l/O (peripheral)
  • Pengendali I/O (device controller)
  • Perangkat lunak

Proses transfer informasi antara CPU dengan sebuah peripheral :

  • Memilih I/O dan mengujinya.
  • Menginisialisasi transfer dan mengkoordinasikan pengaturan waktu operasi I/O.
  • Mentransfer informasi.
  • Menghentikan proses transfer.

Klasifikasi piranti I/O terdiri 3 kelompok:

  • Kelompok yang memasukkan informasi (input), contoh : keyboard, ADC, scanner
  • Kelompok yang rnenampilkan informasi (output), contoh : VDU (monitor), printer.
  • Kelompok yang melayani input dan output, contoh : Floppy disk.

SEJARAH PORT

1. Sejarah Port Paralel

Port Paralel, alat yang sudah jarang digunakan saat ini karenateknologi yang digunakan sudah tidak cocok atau tidak support untuk piranti-piranti komputer saat ini. Sebenarnya bukan tidak support tetapi piranti-piranti komputer terbaru sudah tidak mau menggunakan port Paralel karena dari segi efektifitas dan kenyamanan sudah sangat tertinggal denganport Serial dan USB.

Port Paralel diperkenalkan tahun 1981 oleh IBM. Fungsi utamanya adalah untuk mengkomunikasikan antara komputer dengan printer.Ini merupakan terobosan yang besar didunia komputer saat itu meskipun masih ada beberapa masalah mengenai port Paralel ini.Meskipun kemampuan komputer meningkat, ternyata tidak ada perubahan yang nyata pada arsitektur port paralel, sehingga transfer data maksimal tetap terbatas pada 150KBps.Tidak adanya interface standar yang mengakibatkan munculnya banyak masalah pada saat dilakukan operasi antar platform yang berbeda. Desain standar port Paralel hanya memungkinkan panjang kabel maksimal 2 meter saja.

Tahun 1991 ada pertemuan antara pembuat printer(Lexmark, IBM, dan lain-lain)yang kemudian membentuk (Network Printing Alliance) NPA.NPA bertugas menetapkan hal-hal yang harus diikuti oleh pembuat hardware agar tidak terjadi in-compatible antar berbagai peralatan yg berbeda. NPA kemudian mengajukannya ke IEEE(Institute of Electric and Electronic Engineer) supaya lebih diakui dan akhirnya disetujui oleh IEEE sehingga menjadi keputusan IEEE 1284, yaitu metode pensinyal standar interface Paralel dua arah untuk komputer pada tahun 1994. IEEE 1284 ini adalah sebuah standar baru port paralel yang masih kompatibel dengan port Paralel sebelumnya. Namun IEEE 1284 lebih handal karena mampu menangani transfer data hingga 1MBps, panjang kabel maksimal hinggan 10 meter dan juga komunikasi dua arah (Bi-Direksional).

2.      Sejarah Port Sound

Port Sound awalnya hanyalah periferal tambahan yang tidak terlalu diperlukan pada zaman awal munculnya. Sound hanya digunakan untuk memutar MIDI (Musical Instrument Digital Interface). Namun dewasa ini, port Sound merupakan hal yang penting dalam motherboard. Dikarenakan kebutuhan multimedia yang berkembang pesat.

3.      Sejarah Port USB

Perangkat periferal yang dewasa ini sangat membantu dan memberikan kemudahan dalam prosesi penyimpanan data yang cukup fleksibel dan efisien itu semua bermula dari keinginan beberapa perusahaan besar IT seperti IBM, Compaq, Intel, Microsoft, NEC dan Nortel yang menginginkan terciptanya sebuah piranti yang “lebih mudah” dalam menghubungkan beragam perangkat eksternal ke PC (meminimalisir penggunaan banyak konektor di belakang PC dengan menyederhanakan konfigurasi penggunaaninterface pada sebuah piranti). Dari sanalah kemudian terciptalah sebuah interface yang kita kenal dengan Port USB,  yaitu sebuah standart port yang bisa digunakan untuk menghubungkan beragam piranti ke PC. Penciptanya adalah Ajay Bhatt, alumnus Universitas Sayajirao Maharaja Baroda, India yang bekerja sebagai Staff Arsitek Senior di tim arsitektur chipset di Folsom.
Generasi USB :
-       USB 1.0 diperkenalkan pada 1996 dengan kecepatan transfer data 1.5 Mbps
-       USB 1.1 dirilis pada September 1998 dengan kecepatan transfer data 12 Mbps
-       USB 2.0 dirilis pada April 2000 dengan kecepatan transfer data 480 Mbps
-       USB 3.0 dilaunching pada 12 November 2008 dengan kecepatan transfer data 5 Gbps

4.      Sejarah Port Serial

Port Serial pada awalnya digunakan untuk mouse tipe lama. Namun dengan berkembangnya zaman, banyak mouse dengan konektor yang berbeda sehinnga port Serial sudah ditinggalkan.

5.    Sejarah Port PS/2

Port PS/2 digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse ke PC. Namanya berasal dari IBM, kepanjangan dari Personal System/2 yang diperkenalkan pada tahun 1987. Port PS/2 umumnya menggantikan  DE-9 RS-232 “serial mouse”, sementara untuk port PS/2 keyboard diganti dengan yang lebih besar 5-pin DIN yang digunakan dalam IBM PC / AT desain. Pada awal munculnya port PS/2, setiap motherboard hanya memiliki satu port PS/2 saja. Yang digunakan untuk keyboard. Jadi agar mouse berkonektor PS/2 juga dapat terpasang, maka ditambahkan kabel splitter PS/2  yang memiliki 2 port PS/2.

6. Sejarah Port LAN

Tahun 1984 ditandai ketika Microsoft Corporation dan IBM mengeluarkan produk terbarunya.Microsoft dengan MS-NET serta IBM dengan PC network program.Saat itu kedua produk yang dikeluarkan kedua perusahaan tersebut masih berbasiskan MS-DOS. Tidak mau ketinggalan, pada tahun yang sama perusahaan yang bergerak di bidang software lainnya, yaitu Novel.Inc memperkenalkan hasil pengembangannya yang berupa software jaringan LAN yang berbasis MS-DOS pula. Dari sinilah mulai banyak pengembangan-pengembangan baru mengenai jaringan yang dilakukan perusahaan lain.Pada tahun yang sama Microsoft meriset dan melakukan produksi sendiri sehingga muncullah sistem operasi baru yang menandai langkah-langkah perkembangan pada jaringan LAN. Sejak tahun 1985, kecanggihan sistem operasi jaringan ini telah berkembang dengan disertai hadirnya perangkat keras yang selanjutnya sejalan dengan pengembangan file server. Pada tahun yang sama banyak kalangan melihat potensi yang ditawarkan suatu jaringan LAN, yang mana LAN merupakan metode atau terobosan terbaru pada sistem manajemen informasi. Pada tahun 1987, beberapa kalangan industri memandang bahwa tahun itu merupakan tahun masuknya LAN pada industri yang menggunakan teknologi canggih.Pada tahun 1988, LAN mulai dicanangkan dan disebarluaskan. Mulai saat itulah teknologi jaringan terus berkembang pesat dengan berkembangnya teknologi IT. Dengan berkembangnya sistem operasi jaringan seperti Novel, Microsoft Windows NT, Microsoft Windows 2000, Microsoft for Workgroup, Linux, dan sebagainya maka jaringan komputer berbasis client-server maupun workgroup semakin banyak digunakan sampai saat ini.

Sumber: https://maldininafis.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Input Output dan Port Penghubung pada Komputer"

Posting Komentar