Apakah yang dimaksud dengan berpikir algoritmik ?

Apa itu berpikir secara algoritmik, bagaimana kita bisa berpikir secara algoritmik, dan apa manfaatnya?



Definisi Algorithmic Thinking

Pemikiran Algoritma adalah cara untuk mendapatkan solusi melalui definisi yang jelas tentang langkah-langkah yang diperlukan. Dalam literatur pemikiran algoritma didefinisikan secara berbeda. Akan tetapi, karena tujuan berikut ini maka definisi dirasa sudah cukup "Algoritma adalah metode untuk memecahkan masalah yang terdiri dari instruksi pasti ".

Sebelumnya Anda harus tahu, apa itu pemikiran komputasional? :thinking:

Pemikiran komputasional adalah proses berpikir dalam merumuskan suatu masalah kompleks dan mengekspresikan solusinya sedemikian rupa sehingga komputer atau mesin dapat berjalan dengan efektif. Pemikiran komputasional ini tidak hanya ada pada komputer saja, tetapi sesungguhnya otak manusia pun juga berpikir secara komputasional. Manusia tidak meniru cara kerja komputer melainkan sebaliknya, karena cara kerja komputer dirancang menyerupai bagaimana otak manusia bekerja. Berpikir secara komputasional memiliki beberapa strategi yaitu seperti mengatur data secara logis, memecah masalah menjadi beberapa bagian, menginterpretasikan pola, model dan perancangan, serta menerapkan algoritma

Berpikir secara komputasional memiliki banyak karakteristik, salah satunya adalah mengotomatisasi solusi melalui pemikiran algoritmik. Jika Anda memiliki suatu masalah baik itu yang kompleks atau tidak Anda dapat memecahkan masalah tersebut secara Algoritmik.

Apa yang dimaksut dengan pemikiran algoritmik?
Mungkin sebagian dari Anda masih asing dengan hal ini.

Pemikiran Algoritmik adalah cara untuk mendapatkan solusi melalui langkah-langkah logis yang disusun secara sistematis sehingga proses penyelesaian masalahpun lebih efisien. Jadi dengan berpikir algoritmik hidup Anda akan lebih efisien, Anda tidak perlu membuang tenaga dan waktu berlebihan untuk memecahkan suatu masalah.

Pemikiran algoritmik sangat dibutuhkan oleh setiap manusia karena sejatinya dalam melakukan apapun manusia pasti akan berpikir secara algoritmik walaupun tanpa disadari. Contoh sederhananya sebagai berikut,

“ayah menghidupkan mesin mobil lalu berangkat ke kantor melewati jalan mawar, jika jalan mawar macet maka ayah akan mengambil jalur memutar melalui jalan melati tetapi jika tidak maka ayah akan langsung sampai di kantor”

Berikut contoh melakukan penaftaran anggota perpustakaan secara sistematis

contoh-flowchart

Contoh lainnya adalah resep masakan ataupun prosedur penggunaan barang. Pemikiran secara algoritmik cenderung menggunakan otak kiri. Karena otak kiri bekerja secara sistematis.

Dengan berpikir secara algoritmik maka manusia akan dituntut untuk berpikir secara kritis, lebih banyak melakukan aksi daripada berbicara, dan dunia akan menjadi tempat yang lebih baik jika semakin banyak orang yang melaksanakan hal tersebut dalam segala hal yang ada di hidupnya. Lalu bagaimana cara memecahkan masalah secara algoritmik?


  1. Pecah masalah Anda menjadi bagian yang lebih kecil. Misalnya Anda harus menyiapkan sarapan untuk keluarga maka hal tersebut dapat dibagi menjadi menanak nasi, menggoreng ikan, dsbg.
  2. Temukan pola kerja yang efisien, misalnya sambil menunggu minyak panas Anda dapat mencuci beras.
  3. Lakukan step by step dengan benar. Misalnya saat menggoreng ikan hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong dan membersihkan ikan, lalu menyiapkan penggorengan, dan seterusnya.


Banyak orang berpikir bahwa melakukan banyak hal itu baik dan terkesan rajin. Tapi ketahuilah melakukan banyak hal dengan tidak efisien hanya akan membuang-buang waktu Anda :weary:. Sebagian orang suka dengan masalah yang besar dan menantang, mereka memilih untuk memecahkan masalah tersebut tanpa harus membaginya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Tapi ketahuilah itu tidak benar. Jika Anda menyelesaikan masalah secara utuh, waktu Anda akan terbuang banyak, karena secara otomatis Anda akan melakukan analisis secara berkali-kali terhadap suatu permasalahan yang besar dan hal tersebut sangat menguras waktu.

Berpikir secara algoritmik perlu dilakukan secara berkala-kala agar Anda terbiasa. Jika konsep berpikir secara algoritmik sudah menancap Anda maka secara tidak sadar Anda akan melakukan setiap hal secara terstruktur dan efisien.

Sumber: https://www.dictio.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apakah yang dimaksud dengan berpikir algoritmik ?"

Posting Komentar