Aplikasi Pengolah Angka dan objek-objeknya, Formula

Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai alat pengolah yang banyak berhubungan dengan angka, seperti perhitungan, perkalian, pengurangan ,penjumlahan, rumus dan lain sebagainya yang berhubungan dengan angka. Atau dengan kata lain seperti kalkulator dalam komputer tetapi mempunyai fungsi yang lebih hebat ataupun lebih luas,  (itupun jika kita dapat mempelajari dengan baik ). Dan berikut adalah contoh aplikasi dari segi lisensi ataupun hak cipta dari beberapa aplikasi pengolah angka yang mungkin pernah kita ketahui yaitu :

A. Perangkat lunak pengolah angka berbayar dan tidak berbayar.

Perangkat lunak pengolah angka berbayar

  1. Microsoft office excel 2007
  2. Lotus 1-2-3
  3. XESS
Tetapi dalam pembahasan ini hanya akan dibahas mengenai aplikasi berbayar yang berbasis operating system windows, yang lebih familiar dan lebih banyak digunakan di negara ini.

Microsoft excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar didunia. Microsoft excel hanya dapat berjalan di system operasi  Microsoft Windows. Excel dijual dalam satu paket dengan aplikasi office lainnya dari Microsoft dan memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft office lainnya.

Microsoft excel 2007 mempunyai tampilan baru dimana perintah tidak lagi ditempatkan pada menu-menu dan tombol-tombol toolbar, melainkan ditempatkan pada ribbon. Tampilan baru ini memberikan kemudahan pada user/ pengguna untuk menjalankan sebuah perintah. Hal ini membuat excel menjadi perangkat lunak yang mudah digunakan dan mudah dipelajari. Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan. Sehingga jangan kaget bila kita berkunjung keteman kita, kantor-kantor, instansi pemerintah,kita pasti akan melihat aplikasi Microsoft excel .

Berikut adalah contoh dari tampilan menu Microsoft office excel dan lembar kerja dalam Microsoft office excel



Perangkat lunak pengolah angka tidak berbayar / Free

  1. KSpread
  2. OpenOffice Calc
  3. GNOME Office
Dalam pembahasan ini akan dibahas sebatas satu aplikasi pengolah angka yang biasa digunakan sehari hari yaitu OpenOffice Calc dari OpenOffice.
OpenOffice.org Calc adalah aplikasi versi kode terbuka dari oracle open  office calc. aplikasi ini bersifat gratis atau tidak berbayar dan kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat dijalankan pada berbagai platform sysOrgtem operasi, seperti windows, Linux, solaris, dan MacOS. OpenOffice.org Calc didistribusikan bersama paket Open Office.Org yang lain. Dan kita dapat mendownload aplikasi tersebut dari www.openoffice.org.OpenOffice.org Calc memiliki tampilan jendela  yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar dan didesaign untuk mudah digunakan. Pengguna pemula sekalipun tidak akan mengalami kesulitan untuk menggunakan aplikasi pengolah angka ini.

Dan dilihat dari fitur-fitur yang dimiliki, OpenOffice.Org Calc dilengkapi dengan kemampuan untuk membuat grafik, mengurutkan data dan melakukan perhitungan.


B. contoh menu dan ikon pada perangkat lunak pengolah angka

1. Microsoft office excel 2007

Bila dibandingkan dengan jendela Microsoft word 2007 yang sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya, maka akan terlihat tampilan excel dan word tidaklah jauh berbeda. Microsoft excel mempunyai beberapa bagian jendela dengan nama, bentuk dan fungsi yang sama dengan bagian-bagian jendela word. Selain itu, sebagaian aplikasi pengolah angka, excel juga mempunyai beberapa bagian jendela yang berbeda dengan bagian jendela word .

Perbandingan tampilan lembar kerja antara excel dengan word dapat dilihat dibawah ini.




Baiklah mari kita masuk ke dalam menu dan ikon perangkat lunak pengolah angka pada Microsoft excel 2007. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menu dan ikon excel dan word tidak terdapat perbedaan yang jauh, dan untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar beserta penjelasan dibawah ini.

Quick Access Toolbar
Quick access toolbar  digunakan untuk menempatkan tombol- tombol perintah yang sering digunakan oleh pengguna aplikasi excel tersebut, sehingga akan mempermudah dan mempersingkat pekerjaan yang sedangdikerjakan , dan adapun secara default , bawaan dari aplikasi excel tersebut tombol atau ikon quick access toolbar yang sudah ada ketika kita menginsatal aplikasi tersebut adalah tombol save, undo dan redo.
Quick Access Toolbar ini terdapat dibagian sebelah kiri atas, disamping logo windows pada excel 2007.



title bar
Title bar atau bar judul terletak dibagian tengah atas jendela excel, tepat diatas ribbon. Dan title bar ini berfungsi sebagai nama judul dari apa yang kita kerjakan, sehingga nantinya kita dapat mencari dengan mudah file yang telah kita buat berdasarkan title/ judul yang telah kita buat sebelumnya. Dan secara default / bawaan biasanya bila kita tidak memberikan judul dalam pekerjaan kita, maka aplikasi excel tersebut akan secara otomatis memberikan nama seperti Book1, Book2, Book3 dan seterusnya.


Kontrol jendela
Kontrol jendela berfungsi untuk mengatur tampilan jendela excel dan terletak pada pojok kanan atas, dimana terdapat tanda ( - ) untuk mengecilkan atau meminimalisasi tampilan jendela kerja kita. ( X ) untuk keluar dari lembar kerja kita dan tombol kotak, untuk memperbesar full view atau memperkecil tampilan lembar kerja kita.



Ribbon
Berbeda dengan excel versi 2003, excel versi 2007 menempatkan perintah-perintah atau menu dan ikon perintah di Ribbon. Dan bagi kita yang sudah pernah mengenal excel 2003 dan beralih ke excel 2007 kita akan melihat bahwa tampilannya akan menjadi lebih baik dan lebih indah bila kita bandingkan dengan excel 2003.

Ribbon di excel 2007 mempunyai beberapa tab. Tombol-tombol perintah di ribbon yang mempunyai konteks penggunaan  yang sama akan ditempatkan dalam tab yang sama. Tombol perintah yang mempunyai fungsi yang sama kemudian masih dikelompokkan dalam grup yang sama. Tombol-tombol perintah ditempatkan dalam delapan tab yang berbeda.Dalam pembahasan ini kita tidak akan panjang lebar membahas semua contoh menu dan icon dalam Microsoft excel 2007 ,hanya yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari dan fungsinya juga biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Adapun tab ribbon tersebut antara lain :
tab Home
tab Insert
tab page layout
tab formula
tab data
tab Review
tab view
Dan adapun secara umum, menu ikon yang sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari antara lain :




Keterangan :

Ribbon Number, berfungsi untuk mengatur jenis angka, mau digunakan sebagai  nilai angka biasa , mata uang Negara, tanggal, waktu, atau pun yang lainnya.
Ribbon Cells, berfungsi untuk mengatur cells, baik bila kita menginginkan tambahan sel ataupun menghapus cell yang sudah ada, ataupun bila kita ingin memformat sel tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. ( No. 3 dan 4 )
Alignment , sebagai pengatur sudut kemiringan huruf/ angka yang kita ketikkan , sehingga nantinya kalimat atau angka yang kita ketik, nantinya dapat kita sesuaikan dengan derajat kemiringan yang kita inginkan.
Border , yaitu sebagai pembatas atau pembuat baris bagi setiap sel, sehingga sel mana saja yang ingin kita kasih garis, sehingga akan terbuat kotak yang kita inginkan.


Keterangan :

Ribbon Illustrations, berfungsi apabila kita ingin memasukkan gambar ataupun clipart ke dalam lembar kerja dalam excel 2007
Text box, berfungsi apabila kita ingin memasukkan text yang berada dalam box
Word art, berfungsi apabila kita ingin memasukkan seni huruf, sehingga huruf yang kita ketik seperti bermotif tertentu.
Symbol, berfungsi apabila kita ingin memasukkan symbol-simbol tertentu dalam excel 2007.

Keterangan :

Ribbon page setup, berfungsi apabila kita ingin mengatur segala hal yang berhubungan dengan ukuran kertas, pengaturan printer yang kita inginkan, serta margin hasil print yang kita inginkan.
Name box, berfungsi sebagai informasi di sel mana sekarang kita aktif.
Formula bar, berfungsi sebagai informasi maupun angka atau huruf apa saja yang telah kita ketik, dan formula bar ini juga dapat sebagai pemberitahuan rumus-rumus apa saja yang telah kita ketikkan pada sel yang sedang aktif.

2. Open office.org Calc

OpenOffice Calc secara umum hampir sama dari segi tampilan dengan excel 2003 yang dibuat oleh Microsoft, tetapi di OpenOffice Calc terdapat perbedaan baik dari peletakan tempat menu dan ikon dari masing-masing fungsi. Dengan kata lain bagi kita yang sudah terbiasa dengan Microsoft office excel 2003, maka menurut saya tidak akan terlalu kesulitan dalam beradaptasi dengan open office.org Calc ini.

Baiklah kita langsung mulai saja mengenai menu dan ikon apa saja yang terdapat diaplikasi gratisan ini, tetapi seperti yang saya sampaikan sebelumnya pembahasan ini tidak terlalu dalam mengenai fungsi dan kegunaannya, hanya sebatas pengenalan dan mungkin ada sedikit fungsi dari menu ikon tersebut yang mungkin kegunaannya sama seperti di Microsoft excel 2003 dan 2007 serta sering digunakan setiap hari dalam kegiatan kita masing-masing.


Adapun untuk contoh menu tab pada open office.org Calc antara lain :

tab file terdapat menu :

  • new, berfungsi untuk membuat lembar kerja baru
  • open untuk membuka lembar kerja yang sudah pernah kita buat
  • close untuk menutup aplikasi open office.org Calc
  • save atau save as untuk menyimpan aplikasi yang telah kita buat
  • print untuk mencetak
  • exit untuk keluar dari aplikasi open office.org Calc

tab edit terdapat menu :

  • undo untuk kembali ke langkah atau perintah sebelumnya
  • redo untuk maju ke langkah atau perintah sebelumnya
  • cut untuk memotong
  • copy untuk menyalin
  • paste untuk menempel

tab format terdapat menu , cell, row, coloum, sheet dll, dimana berfungsi untuk mengatur konfigurasi sesuai dengan yang kita inginkan.
Dan yang terakhir penulis secara singkat dengan gambar akan memberikan beberapa menu ikon yang biasa digunakan dalam open office.org Calc , silahkan lihat gambar di bawah ini.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Pengolah Angka dan objek-objeknya, Formula "

Posting Komentar