Aplikasi Pengolah Angka: rumus, ekspresi, perhitungan ekspresi, fungsi penting

Pengertian

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet merupakan  aplikasi yang digunakan untuk  membantu  seseorang  dalam  mengerjakan tugas yang melibatkan banyak angka. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai jenis fungsi untuk melakukan perhitungan.

Demo pemakaian aplikasi pengolah angka dan fitur yang akan dipelajari



Demo contoh sebuah tutorial video bagaimana mengetik data sederhana



Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.
Aplikasi pengolah angka juga dilengkapi dengan fitur- fitur untuk menyajikan data seperti sort (pengurutan data), filter (penyaringan  data), chart (grafik), formula (rumus), dan sebagainya. Dengan fasilitas sort, data dapat  dengan mudah diurutkan  berdasar kriteria tertentu. Fasilitas filter memberikan  kemudahan   untuk  menampilkan  sejumlah data dari keseluruhan  data yang diolah. Fasilitas chart di- gunakan  untuk  menyajikan data dalam bentuk  grafik se- hingga lebih mudah  dimengerti. Adapun fasilitas formula memungkinkan  kita untuk  mengolah data sesuai dengan kebutuhan kita. Fasilitas formula memberikan kemudahan di dalam melakukan perhitungan-perhitungan kompleks.

a.       JENIS-JENIS APLIKASI PENGOLAH ANGKA
1.  Kspread
Kspread adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source berarti kita dapat mendownload secara gratis dari internet dan menggunakannya secara bebas.

2.  Star Office Calc
Star Office Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. Star Office Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows.

3.  Open Office Calc
Open Office Calc adalah program spreadsheet yang dapat dipergunakan untuk membuat daftar memelihara record, dan menganalisis data. Open Office Calc dapat digunakan untuk mengelola data dalam bentuk spreadsheet, menggunakan rumus untuk melakukan perhitungan data, dan menampilkan hasil dalam bentuk grafik. Dokumen Open Office Calc disebut spreadsheet. Pada saat membuka spreadsheet baru akan disediakan 3 sheets, yaitu Sheetl, Sheet2, Sheet3, dan kita dapat menambah atau mengurangi sheet yang ada.
Aplikasi ini didistribusikan  bersama  paket  program  Open Office.org  yang bersifat open source (untuk mengetahu lebih lanjut tentang software open  source,  kunjungi  http://www.opensource. org). Penggunaan  yang mudah, fitur yang lengkap, kom- patibilitas yang luas, serta harga yang relatif murah adalah faktor-faktor yang dimiliki Open Office.org Calc dan sangat berpengaruh dalam merebut pasar. Bukan hanya itu, doku- men yang dibuat dengan Open Office.org Calc relatif aman dari serangan virus pun menjadi poin tersendiri untuk me- narik perhatian  pasar. Ditambah lagi, Open Office.org Calc  tidak hanya dapat berjalan di atas sistem Windows, tetapi juga dapat berjalan di atas sistem Linux yang baru-baru ini semakin diminati masyarakat. Dengan semakin banyaknya pengguna  Open Office.org Calc, aplikasi ini telah menjadi pesaing bagi Microsoft Office Excel.
Dokumen  yang dibuat  dengan  menggunakan  Open Office.org Calc mempunyai  format .ods. Namun dokumen tersebut  dapat juga disimpan dalam format .sxc, .dif, .dbf, .xls, .sdc, .slk, csv, .xml, .html, dan .pxl. Bahkan Open Office. org Calc versi 3.1 sudah mampu  mengenali dokumen  de- ngan format .xlsx. Informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini dapat diperoleh di http://www.openoffice.org. Kita juga dapat men-download aplikasi ini melalui situs tersebut.

4.  GNOME Office – Gnumeric
GNumeric merupakan  aplikasi pengolah  angka yang terdapat pada  sistem  Linux dengan  desktop environment GNOME.  Aplikasi ini tidak  jauh  berbeda  dengan  aplika- si pengolah  angka lainnya. GNumeric dilengkapi dengan fitur-fitur standar  aplikasi pengolah angka seperti fungsi, sort, filter, dan chart. Aplikasi ini jarang digunakan di ma- syarakat Indonesia karena sistem Linux sendiri jarang di- gunakan. Selain itu, para pengguna sistem Linux pun lebih memilih Open Office.org Calc. Untuk mengetahui lebih lan- jut tentang  aplikasi pengolah angka GNumeric, kita dapat mengunjungi situs http://www.gnome.org/gnumeric.
Selain ketiga jenis aplikasi pengolah angka tersebut, masih banyak aplikasi pengolah angka yang dapat  digu- nakan. Tiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurang- an. Untuk itu, kita tidak  perlu mempelajari  semua  jenis aplikasi pengolah  angka. Kita cukup  mempelajari  salah satu aplikasi, terutama aplikasi yang umum digunakan di masyarakat.
5.  Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.

6.  Lotus 123
Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.Lotus 123 merupakan program spreadsheet yang bekerja di bawah kendali sistem operasi DOS Namun pada perkembangan terakhir program lotus mulai digunakan pada program Windows dengar hadirnya software Lotus 123 for Windows. Program ini sempat tenar dan banyak digunakan oleh masyarakat dunia di era tahun 80-an.

7.  Microsoft Excel
Microsoft Office Excel merupakan  aplikasi  pengolah angka yang sangat populer dikalangan masyarakat  Indo- nesia.  Aplikasi  ini  dibuat  oleh  Microsoft  Corporation dan didistribusikan  bersama  dengan paket program Microsoft Office dan tidak berada  dalam satu paket sistem operasi Windows. Dengan demikian, untuk  dapat  menggunakan aplikasi ini, kita harus  menginstalnya  terlebih  dahulu  ke dalam sistem komputer yang kita gunakan.
       Seperti  halnya  aplikasi  pengolah  kata  Microsoft Office  Word, aplikasi pengolah  angka Microsoft Office Excel juga berkembang dari satu versi ke versi yang lebih tinggi. Perkembangan dari satu versi ke versi berikutnya selalu di- ikuti oleh perkembangan  fitur dan kemudahan pengopera- siannya. Tentu  saja  perkembangan   tersebut  disebabkan oleh banyak faktor seperti kepuasan pelanggan, persaingan dengan perusahaan lain, dan pengenalan  fasilitas khusus yang menjadi ciri khas aplikasi ini.
Dokumen yang dibuat dengan menggunakan  aplikasi Microsoft Office Excel versi 2003 dan sebelumnya mempu- nyai format .xls. Sedangkan dokumen yang dibuat dengan menggunakan  Microsoft Office Excel versi 2007 mempunyai format .xlsx. Namun dokumen tersebut dapat juga di- simpan dalam format .xml, .html, .txt, .csv, .dif, dan .slk.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Pengolah Angka: rumus, ekspresi, perhitungan ekspresi, fungsi penting"

Posting Komentar